Just another WordPress.com site

1. Accumulator
Bagian dari arithmetic unit sebuah komputer untuk menyimpan hasil dari
perhitungan sementara atau beberapa operasi lain.

2. Access
Kegiatan mengambil atau menyimpan data dari atau ke memori atau ke disk drive.

3. Accessories
Pada sistem operasi Windows, accessories adalah program-program

4. Active
Segala sesuatu yang berhubungan dengan setiap alat atau sistem yang sedang digunakan saat ini.

5. Adapter
Semacam card atau board, misalnya printer adapter.

6. ADC (Analog/Digital Converter)
Alat yang dipakai untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.

7. Add-in
1. Peralatan tambahan yang
dipasangkan pada salah satu board yang tersedia.
2. Program-program pendukung yang ditambahkan pada sebuah program aplikasi.

8. Address
Angka-angka yang menunjukkan lokasi di dalam memori sebagai tempat
tersimpannya informasi.

9.  Adobe PageMaker
Perangkat lunak aplikasi yang mengolah data untuk kebutuhan pembuatan desain layout buku, cover untuk majalah, koran, dll. Biasanya dipakai oleh jenis usaha setting komputer untuk keperluan pembuatan kartu undangan, kartu nama, kartu ucapan, kop surat, dan lain sebagainya.


10. ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Lines)
Pengiriman data digital tingkat tinggi di atas jalur line telepon. ADSL merupakan teknologi modulasi yang dikembangkan dengan Discrete Multitone (DMT) yang memungkinkan transmisi data berkecepatan tinggi.Fasilitas ADSL secara simultan menggunakan layanan telepon biasa, ISDN, dan transmisi data berkecepatan tinggi, seperti halnya video. ADSL berbasis DMT nampak sebagai transisi dari kawat tembaga ke kabel fiber masa depan. Hal ini yang menjadikan ADSL lebih ekonomis digunakan untuk kebutuhan telepon lokal perusahaan karena perangkat ADSL mempu menyediakan layanan data
berkecepatan tinggi sebelum menggunakan teknologi fiber optics.

11. Alignment
Dalam jaringan komputer merupakan proses meratakan komponen sebuah sistem terhadap komponen lainnya. Misalnya sinkronisasi waktu komputer dari suatu sistem. Align Dari kata alignment, yaitu perintah dalam program pengolah kata untuk meratakan sebuah naskah, apakah rata kiri, kanan, atau tengah.

12. Alt Key
Nama tombol pada keyboard yang terletak di sebelah kanan dan kiri tombol spasi. Tombol ini baru berfungsi apabila ditekan bersamaan dengan tombol lain. Dalam lingkungan Windows, tombol ini bersama dengan huruf tertentu dapat digunakan untuk membuka dan memilih perintah pada menu
secara cepat.

13. ALU (Arithmetic and Logical Unit)
Bagian dari CPU yang berguna untuk memproses data secara logika dan juga datadata yang memerlukan perhitungan. ALU terdiri dari register-register untuk menyimpan informasi.

14. AND
Salah satu operator logika dari Aljabar Boolean untuk membandingkan apakah dua variable akan menghasilkan nilai benar (1) atau salah (0) dengan aturan sebagai berikut :
0 AND 0 Æ 0
0 AND 1 Æ 0
1 AND 0 Æ 0
1 AND 1 Æ 1

15. Analog
Bentuk dari komunikasi elektronik yang menggunakan gelombang elektromagnetik yang kontinu, seperti televisi dan radio.

16. ANSI (American National Standards Institute)
Lembaga yang menentukan patokan untuk pemrosesan data, memberikan aturan baku dalam menggunakan kode dan bahasa dari suatu bahasa pemrograman.

17. Application Program
Program komputer yang dibuat untuk mengerjakan atau menyelesaikan masalah masalah khusus, misalnya program penggajian.

18. Architecture
Rancangan dari penyusunan komponenkomponen di dalam komputer.

19. Archive
Dipakai untuk membuat salinan dari sebuah file backup dengan tujuan melindungi
salinan asli dari kerusakan.

20. ASCII (American Standard Code for Information Interchange)
Standar huruf dan tanda baca untuk komputer. ASCII merupakan kode berupa
karakter 8 bit berbentuk angka 1 dan 0 untukmewakili karakter-karakter alpha numerik.

21. Assembler
Program yang berfungsi untuk mengkonversi program dengan bahasa Assembly ke dalam bahasa mesin.

22. Assembly
Proses penerjemahan program yang ditulis dengan bahasa pemrograman simbol ke dalam bahasa mesin.

23. Asynchronous
Metode pengiriman data dengan cara data dikirimkan satu karakter tiap satuan
waktu. Sinkronisasi akan dilakukan setiap kali karakter diterima dengan bantuan bit awal dan bit
akhir.
24. ATA (Advanced Technology Attachment)
Interface standar untuk hardisk dan menggunakan kabel konektor 40-pin. Macammacam
ATA adalah ATA-2, ATA-3, Ultra-ATA, ATA/66, ATA/100 dan yang paling baru ATA/133.

25. ATM (Asynchronous Transfer Mode)

Sebuah pengembangan teknologi lanjutan di bidang telekomunikasi, yang menggunakan saklar secara perangkat keras untuk membuat saluran langsung sementara antara dua tujuan, hingga data dapat pindah di kecepatan tinggi. Data dibawa dalam suatu unit dengan panjang tertentu yang disebut cell (1 cell = 53 octet).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: